Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 Yang Harus Kamu Tau

Kali ini kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy A13 supaya kalian sama-sama tahu dan tidak salah pilih pastinya.

Karena kelebihan dan kekurangan suatu produk seperti ini wajib banget kita ketahui sebelum membeli sebuah smartphone supaya tidak menyesal di akhir.

Tanpa panjang lebar langsung saja kita bahas, yuk simak.

Kelebihan Samsung Galaxy A13

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A13

1. UI Up to Date

Samsung Galaxy A13 berjalan di Android 12 dengan antarmuka One UI 4.1.

Dimana versi antarmuka yang digunakan adalah UI paling terbaru untuk saat ini dan ada beberapa hal yang bakal bikin kalian betah menggunakan One UI 4,1 yaitu tampilan yang sangat simpel dan gampang untuk dipahami.

Pilihan tampilan seperti tema, wallpaper sampai font sangat banyak di aplikasi Galaxy Store,

Untuk fitur yang ada di dalamnya juga berlimpah seperti ketuk 2X untuk menghidupkan dan mematikan layar, screenshot panjang, dual Messenger, multi-windows dan masih banyak lagi.

Tapi ada beberapa hal yang harus kamu garisbawahi untuk fitur rekam layar, screen mirroring atau smartview belum ada.

Tapi diluar itu, tidak sedikit konsumen yang merasa puas selama menggunakan One UI di HP Samsung Galaxy A13, karena selalu stabil dan tidak ada iklan pastinya.

2. Lensa Kamera Lengkap dan Bagus

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A13
Kelebihan Galaxy A13 yang pertama adalah lensa kamera lengkap dan hasil foto yang bagus.

HP ini memiliki 4 lensa untuk kamera belakang yaitu ada 50 megapixel kamera utama, 5 megapixel kamera Ultra wide, 2 megapixel kamera bokeh dan 2 megapixel kamera macro,

Sedangkan untuk kamera selfienya sebesar 8 megapiksel lalu,

Untuk hasil kamera belakang sudah pasti terlihat bagus, gambarnya terlihat tajam dan detail dengan saturasi warna yang cukup baik saat digunakan berfoto di indoor maupun outdoor.

Apalagi untuk lensa pendukung seperti lensa Ultra wide, bokeh dan lensa makro sudah ada, jadi makin tambah mantap.

Sedangkan untuk kamera selfie-nya dengan resolusi sebesar 8 megapiksel ternyata hasilnya cukup memuaskan tidak kalah dengan merek lain yang menggunakan resolusi lebih besar.

3. Kualitas Layar Yang Bagus

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A13
Samsung Galaxy A13 masih menggunakan panel layar IPS LCD dengan resolusi full HD+ 1080 X 2408 piksel.

Meskipun masih menggunakan panel IPS, tapi kalau untuk saturasi warna dan kecerahan layar sudah terlihat bagus, detail tajam dan kaya akan warna.

Saat digunakan untuk kebutuhan nonton atau main game sudah berasa nyaman dan untuk respon sentuhnya juga sudah sangat responsif saat digunakan untuk mengetik atau hanya sekedar scrolling sosial media.

Layar HP ini cukup nyaman digunakan untuk kelas harga yang di banderolnya, meskipun refresh rate layar HP ini mentok di 60 Hz.

Itulah 3 kelebihan dari Samsung Galaxy A13 yang harus kamu ketahui sebelum membelinya, dan sekarang kita akan bahas apa saja kekurangan yang dimiliki HP ini.

Kekurangan Samsung Galaxy A13

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A13

1. Masih Menggunakan Konsep Layar Berponi

Samsung Galaxy A13 menggunakan desain layar berponi yang dimana bikin HP ini jadi terlihat kurang greget menurut kami.

Apalagi untuk kelas diatas 2 juta.

Memang untuk point ini tergantung ke selera masing-masing saja, karena ada yang suka tapi banyak juga yang tidak suka.

Karena kalau kita ikuti trend, HP ini terkesan kurang kekinian menurut kami. Padahal untuk bagian belakang sudah cakep.

Tapi, akan jadi bakal lebih cakep lagi kalau menggunakan konsep layer punch hole display.

2. Tidak Adanya Beberapa Sensor Penting

Kekurangan Samsung Galaxy A13 yang kedua adalah ada beberapa sensor penting yang tidak ada di Hp ini seperti sensor cahaya, sensor giroskop dan sensor NFC untuk cek saldo atau top up e-money.

Padahal urusan penyensoran merupakan hal yang sangat penting dari sebuah smartphone karena dapat menunjang berbagai kebutuhan.

Seperti sensor giroskop digunakan untuk virtual reality dan juga bisa menambah experience lebih saat digunakan untuk main game yang butuh giroskop seperti PUBG Mobile atau game balap sejenis Asphalt 9.

Jadi buat kamu yang hobi main game pakai giroskop, kamu wajib perhatikan poin ini.

3. Chipset Kurang Powerfull

Samsung Galaxy A13 dibekali dengan chipset besutan Samsung sendiri yaitu Exynos 850 octa-core 2,0 GHz yang bermobil kasih 8 nanometer.

Dimana jenis chipsetnya ini Sama persis dengan Samsung Galaxy A12 versi Exynos dan Samsung Galaxy M12 yang dijual dengan harga dibawah 2 jutaan.

Untuk kelas harga HP 2 jutaan, HP ini hanya mampu menghasilkan skor AnTuTu Benchmark diangka 126 ribuan dengan skor GPU 42 ribuan dan skor GPU di angka 22 ribuan.

Tapi kamu tidak usah terlalu ambil pusing, karena kau hanya digunakan untuk kebutuhan multitasking sehari-hari seperti chatting WhatsApp, scrolling sosial media dan nonton film sudah berasa lancar tidak ada kendala yang berarti.

Dan saat digunakan buat main game Mobile Legends atau yang lebih berat seperti PUBG Mobile juga sudah oke.

4. Absennya Beberapa Fitur

Untuk kekurangan selanjutnya, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan dari segi fitur.

Samsung Galaxy A13 tidak dilengkapi dengan fitur rekam layar dan screen mirroring atau smart view.

Sedangkan untuk bagian kamera ada beberapa fitur yang absen seperti foto mode malam, video slow-motion dan video selang waktu.

Satu lagi yang paling penting, untuk perekaman videonya belum dilengkapi dengan ultra stabil video.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A13 versi JawaraPonsel. Dan kalau misalnya kamu punya pendapat lain, kamu bisa tulis di kolom komentar.

Kesimpulan

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A13
Menurut kami, HP ini kurang cocok buat kamu para kaum mendang mending dan lebih cocok untuk penggunaan yang ringan dan santai yang penting merek berkualitas, spesifikasi lumayan, performa lancar, UI nyaman dan hasil foto yang bagus.

Tapi yang jelas tidak ada produk yang sempurna, yang ada hanyalah produk yang cocok buat kamu. Karena semua produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi yang paling penting sebelum kamu beli sebuah smartphone pastikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat.