Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite – Gadget Murah Untuk Anak

Samsung Galaxy Tab A7 Lite – Smartphone memang bisa dipakai untuk melakukan beragam aktivitas bahkan sampai kegiatan belajar-mengajar sekalipun, tapi tablet layarnya jelas jauh lebih besar dari smartphone dan akan lebih nyaman digunakan untuk sebagian kebutuhan keseharian kita.

Seperti tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite punya harga yang terjangkau, layar yang oke, punya fitur keamanan yang tinggi cocok untuk mengamankan data, untuk entertainment dan browsing pun asyik.

Karena ukurannya yang ringkas tapi lebar dan yang penting HP ini cocok juga untuk digunakan anak di masa awal perkembangannya seperti di playgroup, TK, SD .

Nah di harga 2 jutaan, tablet ini punya kemampuan data seluler, jadi bisa pakai simcard untuk internetan. Tahukan bahwa gak semua tablet mendukung sim card dan nggak setiap rumah punya internet kabel atau WiFi terpasang.

Nah Samsung Galaxy tab A7 Lite ini menawarkan semua yang disebutkan tadi, cocok banget dalam masa belajar dan bekerja dari rumah.

Ulasan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Samsung Galaxy Tab A7 Lite Harga spesifikasi
Tablet ini memiliki dimensinya 212,5 x 124,7 x 8,0 mm, body nya lumayan tipis yah dan beratnya pun hanya 371 gram.

Dan bahan material yang digunakan pada bagian belakang adalah metal.

Pada sisi kanan ada lubang microphone ada tombol power dan tombol volume, di sisi atas ada grill speaker stereo, di sisi kiri ada Slot SIM tray Hybrid jadi bisa Dual SIM atau satu SIM + 1 micro SD hingga 1 terabyte.

Untuk tablet kebanyakan penggunanya hanya memasang 1 SIM saja, karena ya ngapain banyak-banyak masih ada smartphone, biasanya ya.

Nah kemudian diisi bawah ada headphone Jack Audio 3,5 mm, port USB Type-C, ada mikrofon dan ada grill speaker stereo yang satunya.

Pada bagian belakang ada logo Samsung dan kamera 8 MP autofocus dengan rekaman video sampai dengan 1080@30fps.

Sementara itu, di sisi depan ada kamera selfie 2 MP fixed Focus dengan perekaman sampai dengan 720p@30fps.

Untuk layar ini ukurannya 8,7 inci dengan resolusi 1340 x 800 atau WXGA+. Ini adalah panel PLS TFT.

Sayangnya, layar ini tidak dilapisi lapisan pelindung layar yah, jadi terasa agak keset pada saat dipakai, sebaiknya di pasang dulu protect nya supaya lebih nyaman memakainya.


Untuk Spesifikasi internal, tablet ini menggunakan SOC MediaTek Helio MT8768 dengan dukungan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Saat pertama menyalakan sistem aplikasi luar dan lainnya sudah memakan memori internal sekitar 13,5 GB, jadi penyimpanan bersih yang bisa kita gunakan itu sekitar 18,5 GB.

Jadi disarankan untuk install aplikasi yang dibutuhkan saja, tapi untuk penyimpanan foto video dan file-nya bisa terbantu karena dia punya slot microSD sampai dengan 1 tera.

Dari sisi orang tua sih sebetulnya kondisi internal storage yang tidak terlalu besar ini bisa menguntungkan, dimana anak jadi tidak terlalu leluasa untuk instalasi aplikasi dan game yang besar-besar.

Untuk OS nya menggunakan OneUI 3,1. Ini sangat menguntungkan ya, karena dengan memakai One UI itu membuat navigasi jadi enak banget, tentunya dipadukan dengan Android 11.

Lalu untuk baterai, tablet ini di bekali dengan baterai berkapasitas 5100 mAh.
Untuk sensor dia punya accelerometer, gyro sensor dan light sensor. Sedangkan untuk sensor proximity dan gyro tidak ada, tapi buat edukasi mungkin nggak terlalu butuh ya.

Untuk konektivitas, table ini mendukung jaringan 4G, hal ini penting sekali untuk sektor teredukasi, mengingat banyak yang belum punya layanan internet terutama WiFi.

Selain itu, dia juga punya WiFi 24/5 GHz, Bluetooth 5, USB OTG.

Untuk sektor keamanan dia mengandalkan Face unlock dan security standard Android lainnya seperti pattern, pin atau password. Tapi sebagai lapisan keamanan extra dia punya Samsung KNOX.

Samsung KNOX adalah sebuah perpaduan hardware dan software buatan Samsung untuk menjaga data kita tetap aman.

Menariknya kalau kita punya keyboard atau Mouse bluetooth kita masih bisa pakai untuk mengerjakan laporan dan tugas tentunya, ini akan sangat meningkatkan kenyamanan bekerja dan membuatnya jadi seperti laptop.

Untuk multitasking walaupun Ram nya 3 GB tapi dia masih punya namanya Edge Panel yang mempermudah kita melakukan multitasking dengan Split screen. Jadi membuat layar jadi terbelah dan kita bisa membuat 3 aplikasi berjalan sekaligus dalam satu layar.

Ditambah lagi satu untuk pakai floating Windows. Untuk multitasking app yang ringan disini masih oke banget misalnya untuk YouTube, Browser dan ada notes mungkin.

Untuk keperluan entertainment, berkat layarnya yang besar dan speaker stereo dapat membuat pengalaman audio visual jadi lebih enak.

Terdapat Kids Mode

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Kids model adalah platform untuk anak-anak. Ketika para orang tua meminjamkan tablet ini ke anak-anak terutama yang masih kecil mungkin yang TK atau ya SD awal gitu, ada baiknya aktifkan saja Mode Kids ini melalui panel quick setting yang ada di atas layar.

Jadi orang tua bisa membatasi area bermain anak di dalam kids mode ini, orang tua juga bisa mengatur konten apa saja yang boleh dipakai si anak.

Kemudian bisa juga dipakai untuk memantau dan mengatur screen time, si anak juga tidak bisa sembarangan keluar dari mode kids karena setiap mau keluar pasti butuh password sudah kita settingnya.

Samsung juga menyediakan konten konten khusus anak sebagai sarana edukasi dan Entertainment. Bahkan ada tempat menggambarnya juga, tapi sayangnya tablet ini belum mendukung x-pane, jadi menggambar pakai jari saja.

Nah untuk anak sekolah yang kegiatan edukasi menggunakan ekosistem Google, Tablet ini masih memiliki Google Mobile Services.

Jadi aplikasi seperti Google Meet, Google Drive, Google Maps dan semua aplikasi Google tentunya akan berfungsi dengan lancar.

Untuk aplikasi yang diluar Google seperti Zoom masih bisa, karena masih tersedia di playstore nya.

Nah si Google Mobile Services ini sebetulnya membawa satu hal juga yang menarik sekali untuk para orangtua yaitu tersedianya Google Family Link di tablet yang satu ini.

Layanan ini dapat membuat orangtua memantau penggunaan tablet bahkan hingga lokasi keberadaannya, kalau perlu bisa juga menentukan Aplikasi apa yang boleh dan tidak boleh digunakan oleh anak sesuai dengan umur.

Kemudian mengatur Berapa lama tablet boleh digunakan atau screen time, bahkan bisa mengatur jatah harian untuk setiap aplikasi, bahkan kita bisa memilih aplikasi mana yang tidak boleh dipakai sama sekali atau yang boleh dipakai bebas.

Semua ini dilakukan dan dipantau dari perangkatnya orang tua, tidak perlu langsung dari tabletnya tersebut.

Dan yang paling penting lagi family link ini memungkinkan anak bisa memiliki account pribadi bahkan sebelum 13 tahun. Jadi anaknya masih SD kelas 1 sudah bisa dibikin account Google selama memang dinyatakan bahwa itu account anak yang dipantau oleh orang tua.


Itulah review spesifikasi tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang cocok untuk anak – anak. Lalu bagaimana dengan harganya?

Samsung Galaxy Tab A7 Lite Harga Full Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab A7 Lite Harga spesifikasi
Harga resmi Samsung Galaxy Tab A7 Lite di Indonesia saat artikel ini di buat adalah 2,499,000.

Kalau untuk sekarang kalian bisa cek di situs resmi Samsung DISINI, siapa tahu lebih murah.
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
BODI
Dimensi 212.5 x 124.7 x 8 mm
Berat 366 gram
SIM Nano SIM
LAYAR
Tipe PLS TFT
Ukuran 8.7 in
Resolusi 800 x 1340 piksel
Rasio 5 : 3
PLATFORM
OS Android 11, One UI 3.1
Chipset Mediatek Helio P22T (12 nm)
CPU Octa-core |
4x Cortex-A53 (2.3 GHz) &
4x Cortex-A53 (1.8 GHz)
GPU PowerVR GE8320
MEMORI
RAM & Internal 3/32GB
Eksternal microSD
KAMERA BELAKANG
Single 8MP, AF
Video 1080p@30fps
KAMERA DEPAN
Single 2 MP
Video 1080p@30fps
SUARA
Loudspeaker Ada Speaker Stereo
Jack 3,5 mm Ada
KONEKTIVITAS
WLAN Wi-Fi 802.11, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5,0
GPS Ada
NFC Tidak Ada
Radio Tidak Ada
USB USB Type-C 2.0
FITUR
accelerometer, Kompas
BATERAI
Kapasitas Li-PO 5100 mAh
Charging Fast Charging 15 Watt
LAINNYA
Warna Gray,Silver
Model SM-T225
Harga 2,4 Jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Pertama adalah layarnya nggak pakai lapisan pelindung jadi sangat disarankan pasang anti gores dulu biar nyaman.

Performa Samsung Galaxy Tab A7 Lite mungkin bukan yang paling responsif, tapi tablet ini sudah oke banget penggunaan harian anak-anak dan sebagai gadget tambahan.

Kemudian storage 32 GB dengan 18GB penyimpanan yang bersih ini memang mesti hemat hemat install aplikasi kalau mau simpan foto dan video tinggal atur aja ke microSD.

Kemudian chargingnya memang terhitung agak lambat tapi ini malah bisa baik untuk umur dari baterainya sendiri, slow charging itu selalu sama dengan umur baterai yang lebih panjang.

Kelebihannya Samsung Galaxy Tab A7 Lite

  1. Konektivitas seluler dual-sim 4G
  2. Ukurannya ringkas dan ringan
  3. Ada slot micro SD
  4. Speaker stereo
  5. Baterainya cukup awet
  6. Samsung Knox
  7. Antarmuka OneUI
  8. Bisa multitasking dengan split screen + floating Windows
  9. Google Mobile Services ini penting banget, karena ada family link di situ
  10. Kids Mode (Mode Anak)
Buat kalian yang nyari tablet untuk gadget pelengkap bisa memilih tablet ini, cocok untuk perangkat multimedia, spesial untuk browsing dan nonton, juga bisa digunakan anak dalam kegiatan belajar.

Tablet ini bisa dijadikan untuk alat utama yang cukup baik dan cukup terjangkau, kamera selfie cukup baik untuk aplikasi Zoom dan meet.

Karena memiliki kamera utama, jadi cocok juga untuk merekam kegiatan Laporan atau tugas sekolah tanpa harus copy dulu.

Tersedianya 4G membuat anak bisa menggunakan paket internet untuk pelajar, sementara itu layarnya yang lebih besar daripada smartphone bikin produktivitas jadi lebih nyaman juga, kegiatan membaca juga jadi lebih enak.

Nah tambahan lagi, fitur pemantauan penggunaan oleh orangtua ya inikan bisa banget dipasang di sini dan dapat dengan mudah digunakan pada tablet ini.

Kesimpulan

Tidak semua perangkat itu bisa dinilai baik atau kurang baiknya berdasarkan hanya performa semata, ada aspek-aspek lainnya yang gak kalah penting seperti yang disuguhkan oleh Samsung Galaxy Tab A7 Lite.

Harga yang murah, fitur keamanan yang oke dan jika digunakan untuk anak- anak dapat dikontrol penuh oleh orang tua.

Karena sama-sama kita tahu kebutuhan edukasi anak di masa sekarang perlu pemantauan dari orang tua.

Tablet ini cenderung dirancang untuk kebutuhan perangkat utama anak yang School from home atau sekolah dari rumah terutama mereka yang di playgroup, TK dan bahkan di SD. Dan dapat dijadikan sebagai gadget kedua atau ketiga buat pengguna umum.