Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review Headset Logitech G733 Light Speed yang Super Low Latency

Mungkin kalian pernah dengar kalau ada TWS (True Wireless Stereo) yang meng iklankan diri sebagai TWS gaming atau TWS yang latency nya kecil banget dan tidak ada delay. Jadi katanya kalau kita pakai TWS itu sambil main game suara yang dikeluarkan di dalam game bakal langsung dikeluarin juga oleh TWS tersebut.

Kami sudah melihat cukup banyak review TWS gaming dan itu hasilnya tetep kerasa ada delay nya.

Soalnya, teknologi headset tanpa kabel saat ini yang bisa dibilang tidak lag atau delay kebanyakan masih kita temui di headset yang ukurannya gede-gede aja, contohnya kayak Logitech G733 Light Speed.

Logitech mengklaim bahwa headset ini punya Super Low Latency alias tidak ada lag atau delay antara suara dan gambar yang ditampilkan.

Di lansir dari channal youtube gadget.in saat meriview headset ini terasa seperti menggunakan headset yang berkabel. “Saat kita nembak di game ya suaranya langsung kedengaran di telinga, pas kita jalan suara langkah kakinya juga instan. Ini baru yang namanya Super Low Latency sesuai sama yang dijanjiin di Iklan” ujar David.

Ulasan Tentang Headset Logitech G733 Light Speed

Headset Logitech G733 Light Speed
Kenapa headset Logitech G733 bisa mempunyai latency yang super rendah?

Karena headset ini memiliki fitur yang disebut Lightspeed oleh Logitech.

Buat yang belum tahu, Light Speedpada produk Logitech itu artinya produk tersebut tidak pakai kabel alias wireless tapi punya Latency yang sangat-sangat rendah.

Untuk produk keyboard dan Mouse Logitech sudah ada duluan sih dan pas pertama kali keluar sekitar setahun lalu yang lumayan bikin gamer heboh.

Yang pada akhirnya mereka tetap bisa kompetitif tanpa harus mikirin kabel.

Kali ini headsetnya juga dapat teknologi yang sama.

Logitech G733 ini dibekali satu receiver 2,4 GHz yang ukurannya mirip kayak flashdisk, ukurannya ini mungkin bisa lebih gede daripada receiver Mouse atau keyboard karena isinya lebih kompleks.

Karena selain harus kenceng, dia juga harus transfer suara dan dapat menjangkau sampai 20m.

Jadi satu-satunya cara buat menghubungkan headset Logitech G733 ke PC atau PS atau HP atau Nintendo cuma melalui receiver tersebut.

Kalian tidak bisa menghubungkannya melalui konektor Jack audio 3,5 mm karena tidak ada lubang outputnya.

Koneksi Bluetooth pun tidak support, padahal kalau ada koneksi Bluetooth walaupun latency nya lebih tinggi dari pada pakai receiver pasti bakal kerasa lebih fleksibel.

Bagi kalian pengguna PC itu bukan menjadi masalah karena tinggal pasangkan receiver headset ke lubang USB dan langsung bisa digunakan.

Tapi bagaimana menggunakan headset Logitech G733 di HP? karena receiver headset tersebut memakai USB type E yang tidak cocok sama HP manapun.

Caranya kita harus pakai USB OTG dari Type C ke Type E atau dari microUSB ke Type E sesuai dengan lubang USB di HP HP kalian.

Dengan begitu Latency nya tetap bener-bener rendah dan tidak kerasa ada bedanya kalau kita colokin receivernya ke PC.

Hanya saja posisi memegang HP nya jadi harus agar disesuaikan, karena receivernya nih lumayan ngalamin tangan saat di megang HP.

Logitech G733 memang lebih dirancang buat gamer PC, terutama buat gamer PC yang tuntutannya harus punya gaya maksimal atau youtuber gaming.

Karena lumayan buat naikin style didepan kamera yang menjadi salah satu nilai jual dari Logitech G733 ini memang ada di desainnya.

Logitech G733 masuk Indonesia dengan dua pilihan warna, yaitu warna hitam dan putih.

Kalian juga dapat menggunakan suspension strip agar dapat menyesuaikan saat digunakan di kepala yang warnanya juga bisa kita custom sesuai selera. Tapi kalian harus menambah budget karena suspension stip nya dijual terpisah.

Spesifikasi Logitech G733 Lightspeed

Spesifikasi Fisik
Panjang 194 mm
Lebar 190 mm
Berat 278 gram
Headphone
Driver PRO-G 40 mm
Respon Frekuensi 20HZ-20KHz
Impedansi 5k Ohm (aktif), 39 Ohm (pasif)
Sensitivitas 87,5 dB SPL/mW
Mikrofon
Pola Pickup Mikrofon Cardiodid
Ukuran 6 mm
Respon Frekuensi 100Hz-10KHz
Jangkauan Wireless Hingga 20 meter
Koneksi LIGHTSPEED Wireless via USB
Daya Tahan Baterai
Tanpa Lampu RGB 29 Jam
Dengan Lampu RGB 20 Jam
Isi Dalam Paket Penjualan
G733 LIGHTSPEED Wireless RGB Gaming Headset
Headband lembut yang dapat dibalikkan (terlampir)
Mikrofon lepas pasang
LIGHTSPEED wireless receiver (USB-A)
Kabel pengisian daya USB-C ke USB-A
Eksternal microSD (dedicated slot)
Nomor Suku Cadang
Garansi Hardware 2 Tahun

Terdapat Lampu RGB & Nyaman Digunakan

Headset Logitech G733 Light Speed
Dan tentu saja bagian yang tidak kalah gaya dari Logitech G733 ini dan yang paling mencolok terdapat pada bagian lampu RGB nya yang ngadep ke depan.

Pas banget buat di pamerin ke kamera.

Karena terdapat 16,8 juta yang terbagi jadi 2 zona, masing-masing zona ini bisa kita custom sesuai selera pakai aplikasi Logitech G-hub.

Soal gaya, Logitech G733 ini keren.

Soal kenyamanan saat digunakan headset ini sangat nyaman meskipun dipakai berjam-jam juga, karena tidak bobotnya headset enteng banget cuma 278 gram.

Boot seenteng itu didapatkan karena bodi dari headset ini terbuat dari polikarbonat atau plastik.

Walaupun plastik namun kualitas body nya tersebut tetap terjaga.

Memory foam yang dipakai di earcup nya sangat pas di telinga dan tidak membuat sakit atau panas.

Terdapat juga huruf L sama R yang lumayan gede pada ear cupnya agar kita nggak salah nentuin sisi.

Terdapat juga batang microphone yang dapat cabut pasang, tapi posisinya lumayan kaku kalau dan tidak terlalu fleksibel. Jadi kalau sudah tidak menggunakan microphone mending langsung cabut aja.

Sama seperti headset lain lubang untuk microphone nya ini ada di sebelah kiri.

Di sebelah kiri juga ada tombol power dan volume yang keras lumayann solid putarannya dan ada port USB Type C untuk mengisi daya.

Bateria Logitech G733

Baterai dari G733 ini awet banget, Logitech mengklaim baterainya bisa tahan 29 jam pemakaian jika lampu RGB nya tidak hidup dan kalau menggunakan lampu RGB bisa tahan sampai 20 jam.

Kami sarankan sih kalau lagi nggak di depan kamera atau main sendiri dan gak ada yang lihat, lampu RGB nya dimatiin aja pakai software Logitech G-hub agar hemat batre.

Selain untuk custom tombol dan mengatur lampu RGB yang ada di headset G733, aplikasi Logitech G-hub juga bisa kita pakai buat nge custom suara yang ditangkap oleh mikrofon.

Menariknya, di aplikasi ini kita bisa enable yang namanya Blue Voice.

Jadi Blue Voice ini adalah teknologi dari Logitech juga yang dapat kita gunakan untuk custom suara dengan preset preset yang telah disediakan seperti broadcaster game, FM Radio dan lain-lain.

Kualitas Suara

Suaranya yang dihasilkan sangat balanced dan Natural dengan separasi yang Oke. Begitupun dengan vokalnya yang terdengar jelas banget dan bass-nya Oke.

Headset ini memang cocok banget dipakai buat main game, suaranya jelas dari suara yang heboh seperti suara granat sampai suara yang slow kayak suara langkah kaki juga terasa banget.

Kesimpulan dan Harga

Headset Logitech G733 Light Speed
Logitech G733 Lightspeed apakah recommended?

Tentu.

Kalau Kalian itu gamer yang tipenya nggak mau ribet harus pake headset berkabel tapi nggak mau sampai ngorbanin performa, headset ini sangat cocok.

Dan yang gak kalah penting gaya dan kenyamanan tetap harus dijaga, karena salah satu kelebihan Logitech G733 ada di bagian tersebut.

Soal harga headset Logitech G733 Light Speed dibanderol dengan kisaran harga 2,3 99 Jutaan.

Nah, itulah review dan harga headset Logitech G733 Light Speed, semoga bermanfaat.