Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51 Serta Harganya

Vivo kembali menunjukan taringnya di pasar ponsel Indonesia. Kali ini giliran Vivo Y51 yang hadir untuk mengisi segmen midrange atau kelas menengah.

HP ini merupakan penerus dari seri sebelumnya yaitu Vivo V50 yang membawa beberapa peningkatan di berbagai sektor seperti desain nya yang lebih tipis, resolusi kamera yang lebih tinggi dan pengisian daya yang lebih cepat.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo Y51? Kita akan bahas di bawah ini. Namun sebelumnya, yuk lihat dulu spesifikasinya.

Spesifikasi Vivo Y15

Spesifikasi Vivo Y51
BODI
Dimensi 163.9 x 75.3 x 8.4 mm
Berat 188 gram
SIM Dual SIM ( dedicated )
Bahan Depan kaca, Belakang dan Frame Plastik
LAYAR
Tipe IPS LCD
Ukuran 6.58 inci
Resolusi 1080 x 2408 piksel
Rasio 21 : 9
PLATFORM
OS Android 11, Funtouch 11
Chipset Snapdragon 665 (11 nm)
CPU Octa-core | 4x Kryo 260 Gold-2.0 GHz & 4x Kryo 260 Silver-1.8 GHz
GPU Adreno 610
MEMORI
RAM & Internal 8/128GB
Eksternal microSD (dedicated slot)
KAMERA BELAKANG
Quad -48 MP, f/1.8 , PDAF
-8 MP, f/2.2, (ultrawide)
-2 MP, f/2.4, (macro)
Fitur LED Flash, HDR, Panorama
Video 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS
KAMERA DEPAN
Single 16 MP, f/2.0, wide
Fitur HDR
Video 1080p@30fps
FITUR
Fingerprint (samping), accelerometer, gyro, kompas
BATERAI
Kapasitas Li-PO 5000 mAh
Charging Fast Charging 18 Watt
Warna
Crystal Symphony, Titanium Sapphire
HARGA
Rp 3,6 jutaan

Kelebihan Vivo Y15

Kelebihan Vivo Y51

1. Desain Menarik Dan Nyaman Di Genggam

Jika pada seri sebelumnya yaitu Vivo Y50 memiliki bodi yang lumayan tebal, mungkin faktor baterai yang berkapasitas besar kaliyah. Vivo Y51 ini hadir lebih tipis lo, padahal di bekali dengan kapasitas baterai yang sama.

Perbedaan ketebalan dari kedua HP Vivo ini sekitar 0,7 mm. Memang tidak signifikan, namun ada juga beberapa kalangan lebih menyukai HP yang memiliki desain tipis.

Selain itu, yang lebih menarik adalah penempatan sensor sidik jari. Di mana sensor tersebut di letakan di samping kanan. Sehingga bagian belakang terlihat mulus seperti HP premium.

2. Kamera Utama Beresolusi Tinggi

HP ini di bekali dengan dengan setup triple kamera, dimana salah satu kelebihan HP Vivo Y51 terletak pada kamera utamanya yang memiliki resolusi tinggi yaitu 48 MP.

Dengan kamera beresolusi tinggi tersebut, tentu HP ini akan mampu menemani dan mengabadikan momen terbaik kalian melalui foto.

3. Ram Dan Memori Internal Besar

Selain chipset, Ram adalah salah satu peran penting dan penentu dari baik atau tidaknya performa dari sebuah HP.

HP ini di bekali dengan kapasitas Ram yang cukup besar yaitu 8GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Dengan kapasitas Ram yang besar tersebut, maka kegiatan multitasking atau bermain game akan di jalankan dengan lancar. Dan kapasitas penyimpanan internal yang besar juga akan membuat kalian dapat menyimpan banyak file dalam HP ini.

4. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas baterai yang besar adalah salah satu nilai jual dari Vivo Y51 ini. HP ini di bekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh, sama seperti seri Vivo yang lain yaitu Vivo Z1 Pro

Hal itu tentu menjadi nilai plus sendiri bagi HP ini, karena pesaingnya di harga yang sama, kebanyakan membawa baterai dengan kapasitas kurang lebih 4000 mAh saja.

5. Pengisian Daya Cepat

Selain baterai yang besar, HP ini mempunyai pengisian daya yang lebih cepat. HP ini membawa pengisian daya cepat dengan output 18W dan di klaim dapat mengisi daya 67% dalam waktu 1 jam. Lebih cepat jika di bandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Vivo Y50 yang hanya membawa pengisian cepat 15W.

6. Dukungan Dedicate Slot

Dedicated slot atau yang biasa di sebut dengan triple slot ini adalah fitur dimana kalian dapat memasang dua SIM-Card dan microSD secara bersamaan.

Jadi jika ingin menggunakan microSD, tidak perlu mengorbankan SIM-Card.

Kekurangan Vivo Y51

Kekurangan Vivo Y51

1. Chipset Standar

Vivo Y51 di bekali dengan chipset Snapdragon 665 ber fabrikasi 11 nm. Meskipun memiliki performa yang lumayan dan mampu di gunakan untuk bermain game sekelas PUBG dengan grafis LOW.

Tetapi tidak ada yang istimewa, karena memang chipset tersebut banyak di temukan pada HP di kelas harga HP Vivo Y51 itu sendiri.

2. Tidak Ada NFC

NFC adalah fitur yang dapat di gunakan untuk mengecek saldo uang elektronik. Misalnya mengecek saldo kartu E-Tol. Di zaman digital saat ini, fitur tersebut sangatlah bermanfaat.

Nah salah satu kekurangan Vivo Y51 ini adalahi tidak di lengkapi dengan fitur tersebut. Padahal di kelas harga yang sama, ada Samsung Galaxy A51 yang sudah membawa fitur tersebut.

KESIMPULAN

Kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada HP Vivo Y15 ini, itu tergantung dari kebutuhan kalian sendiri.

Jika kalian mencari HP yang memiliki kapasitas baterai besar yang tidak terlalu tebal dan kamera yang bagus serta RAM yang besar, tidak ada salahnya melirik HP ini.

Namun jika kalian mencari HP dengan performa tinggi, jangan berharap lebih. Karena performa Vivo Y51 ini memanglah cukup standar dengan harganya.

Secara keseluruhan, HP ini sangat work it untuk menunjang kegiatan multitasking kalian kok.

Itulah spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 yang dapat kalian pertimbngkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Terimakasih. Semoga membantu.