Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Modifikasi dan Memilih Part Setting Tamiya Mini Legend

Bagi sobat yang masih mencari Tips bagaimana agar mobil Tamiya 4WD Mini Legend kencang dan stabil disini saya akan berbagi tips memilih dan modifikasi part yang saya dapatkan dari para suhu dan pengalaman pribadi.

Pertama yang harus sobat lakukan adalah mencari part yang sesuai kebutuhan dan sesuai track yang akan dihadapi. Setiap part memiliki kategori, untuk part bintang 3 terdapat 1 slot modifikasi, part bintang 4 terdapat 2 slot modifikasi dan part bintang 5 terdapat 3 slot modifikasi.

Pada saat mendapatkan part, slot modifikasi yang kita dapatkan itu tergantung dari hoki sobat dan terkadang yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang di harapkan, itulah yang menarik dari game ini karena membuat para pemainnya penasaran dan memburu part yang sesuai keinginan (khususnya part yang langka).

Dalam game mobil Tamiya 4WD Mini Legend ini terdapat 3 jenis MODifikasi :

1. Spd = Speed (warna merah)
2. Stab = Stability (warna orange)
3. Fn = Function (warna biru)

Oke kita langsung saja, Tips modifikasi mobil Tamiya 4WD, Mini Legend agar lebih kencang dan tetap stabil kita mulai dari :

Tips modifikasi mobil Tamiya 4WD Mini Legend

1. BODY

Dalam pemilihan Body terdapat Area Front dan Aerodinamis, nilai dari keduanya akan mempengaruhi akselerasi mobil semakin rendah nilai keduanya akan membuat mobil semakin cepat.

Usahakan, sobat harus mencari body bintang 5 dan usahakan terdapat 3 slot modifikasi jenis FN.

Kenapa harus FN ? karena di dalam modifikasi FN untuk body sobat bisa mendapatkan MODifikasi yang bernama Boost Body 2 yang berfungsi menambah RPM 15% dan Menurunkan Air Drag 4% dalam 1 Slot.

Jika Sobat memilki body bintang 5 Full FN dan sudah di MODifikasi Max, Sobat akan mendapatkan tambahan RPM sebesar 45% dan Air Drag 16%.
Modifikasi Body Tamiya 4WD Mini Legend
Untuk menambah level pada body, ada body yang jika di level up akan menambah beratnya dan ada juga body jika di level up akan mengurangi beratnya.

Perlu diingat : Jika mobil semakin berat akan membuat mobil lebih stabil di track tetapi kecepatan mobil akan berkurang, begitupun sebaliknya.

2. CHASSIS

Chassis pada game mobil tamiya ini ada 2 type yaitu Chassis untuk motor doble shaft dan single shaft. Chassis akan memperngaruhi berat, Rem, Roller Angel dan Anti-Resisten. Jika chasis di level up berat dan Anti-Resist akan bertambah, untuk Rem dan Roller Angel pada Chassis akan mengikuti sesuai pada Bumber depan yang akan kita pasang nanti. Untuk Anti-Resist Semakin tinggi Anti-Resist akan membuat mobil semakin cepat.

Usahakan sobat mencari chassis bintang 5 yang memilki slot modifikasi Stab (berwarna orange), dan saat di modifikasi usahakan mendapatkan modifikasi jenis Consumse max 6%.
Modifikasi Chassis Tamiya 4WD Mini Legend
Kenapa ? Karena modifikasi jenis consumse akan mengurangi ketinggian melompat C dan J bar sehingga kesempatan mobil untuk keluar lintasan akan berkurang.

Bagi sobat yang mempunyai Chassis dengan slot modifikasi selain orange (Stab), saya sarankan jika slot FN silahkan modifikasi jenis Boost Chassis dan jika slot Spd sobat bisa memilih modifikasi Drag II.

Note : untuk mendapatkan Chassis bintang 5 ada 2 cara yang keduanya tidaklah mudah dan membutuhkan kesabaran :

Pertama : Sobat bisa mengumpulkan kepingan di menu Event, contoh nya pada saat ada Event M Ultra Sport stage 4 & 5. Satu kali Race mendapatkan 1 keping Chasis dan bisa digandakan dengan menonton iklan. Untuk mendapatkan 1 Chassis sobat harus mengumpulkan 300 kepingan.

Kedua : Sobat bisa mengumpulkan mini coin kurang lebih 10.000 dan menunggu Event Draw untuk Chassis.

3. MOTOR / DINAMO

Sama dengan chassis dinamo juga ada 2 tipe yaitu dinamo single shaft dan doble shaft.
Dinamo mempengaruhi RPM, Torsi dan berat.
Dalam game ini pemilihan Dinamo tergantung pada track yang kita hadapi. Ada track yang membutuhkan dinamo yang mengutamakan RPM, contoh tracknya tidak banyak tanjakan. Jika track memiliki banyak tanjakan di sarankan menggunakan dinamo dengan Torsi yang tinggi.

Dinamo bintang 5 juga tersedia di Partshop, tetapi dengan spesifikasi (RPM & Torsi) yang standar. Jika sobat menginginkan dinamo bintang 5 dengan spesifiksi yang tinggi sobat bisa mendapatkannya melalui Draw menggunakan Permata 2.700 ataupun mini Coins dan itupun harus menunggu Event Draw untuk dinamo.

Seperti dinamo Strike Drive yang hanya tersedia melalui Draw 10x (2.700 permata) dan Dinamo Omega Blast yang tersedia melalui Draw Mini Coins. Kebanyakan para pemain Mini Legend yang masuk peringkat 100 besar pada menu VS menggunakan kedua dinamo tersebut.

Karena kedua dinamo tersebut masuk dalam Daftar Dinamo tercepat Mini Legend

Tapi yang perlu diingat sobat harus mencari dinamo yang memiliki modifikasi Full Spd (warna ungu), karena didalam modifikasi Spd pada dinamo terdapat modifikasi yang bernama Magnet yang berfungsi untuk menambah Torsi 14% dan RPM 4% pada setiap slot nya.
Modifikasi Motor / Dinamo Tamiya 4WD Mini Legend
Upgrade atau level Up dinamo juga penting disini, karena setiap dinamo yang di level up akan menambah RPM dan Torsi pada dinamo tersebut.

4. GEAR

Gear juga terdapat 2 tipe dalam game ini yaitu gear single shaft dan doble shaft .
Untuk pemilihan Gear ada 4 ukuran rasio yaitu 3,5 :1, 4:1, 5:1 dan 6:1.

Semakin kecil rasio gear yang kita gunakan semakin tinggi RPM nya tetapi Torsi akan menurun begitupun sebaliknya semakin besar rasio Gear yang digunakan akan menambah Torsi dan RPM akan menurun. Tergantung track yang akan kita hadapi.

Di partshop hanya tersedia Gear single shaft bintang 1 dan bintang 3, untuk Gear Double shaft di partshop hanya tersedia bintang 1. Sedangkan untuk mendapat Gear rasio 6:1 bintang 3 sobat harus mengumpulkan kepingan sebanyak 100 pada event M Ultra Sport.
Modifikasi Gear Tamiya 4WD Mini Legend
Sedangkan untuk mendapatkan gear single shaft dan doble shaft bintang 5 sobat harus melakukan top-up atau pembelian dalam Game ini.

5. WHEELS

Dalam game ini Wheels atau pelek memilki 3 jenis ukuran yaitu L (10), M (9), S (8).
Pemilihan wheels juga tergantung pada track yang akan di hadapi karena semakin besar wheels yang kita pakai akan membuat RPM naik tetapi menurunkan torsi, begitupun sebaliknya semakin kecil wheel yang kita gunakan akan mengurangi RPM tetapi dapat menambah Torsi.

Wheels bintang 5 banyak tersedia di Part Shop dan usahakan sobat juga mencari wheels yang memilki slot modifikasi Full Spd (warna ungu) karena dalam Modifikasi Spd pada wheel terdapat jenis modifikasi yang bisa menambah Torsi 5% setiap slot nya.
Modifikasi Wheels Tamiya 4WD Mini Legend
Untuk level up wheel akan memambah berat pada wheels tersebut.

6. TIRES/BAN

Ban juga terdapat tiga ukuran yaitu ban no 3, 4 dan 5. Ada beberapa ban yang jika di level up akan mengurangi ketebalan dan ada juga yang menambah ketebalan.

Untuk pemilhan ban tergantung track yang akan kita hadapi dan semakin tebal ban yang kita pakai akan membuat RPM naik tetapi menurunkan torsi, begitupun sebaliknya semakin tebal ban yang kita gunakan akan mengurangi RPM tetapi dapat menambah Torsi.

Usahakan mencari Ban dengan slot modifikasi Stab (warna orange) karena ada jenis modifikasi yang bernama Consumse 6% yang akan mengurangi ketinggian melompat C dan J bar sehingga kesempatan mobil untuk keluar lintasan akan berkurang.
Modifikasi Tires / Ban Tamiya 4WD Mini Legend

Dan ada juga jenis Modifikasi Ban tipis yang berguna untuk menambah torsi 4%.

Ban juga tersedia di PartShop dengan berbagai tipe.

7. STAY / BUMPER (F/M/R)

Untuk Stay pada game ini kita menggunakan 3 Stay yaitu bagian depan (F Stay), Tengah (M Stay) dan belakang (R Stay).

Di Partshop tersedia Stay mulai dari bintang 3 sampai 5. Untuk bagian slot modifikasi sobat silahkan cari yang Full Stab (warna orange).

Tips Modifikasi dan memilih Stay :

A. Stay Depan (F) : Sobat usahakan memakai stay depan bintang 5 dengan slot modifikasi Full Stab (warna orange) agar nanti dapat di modifikasi J. Angel sampai max 8% per slot nya (stay depan wajib J.angel).
Modifikasi Stay Barricade Tamiya 4WD Mini Legend
Untuk stay depan bintang 5 ada yang lumayan bagus yang tersedia di Partshop contohnya stay depan Tipe X.

Jika sobat menginginkan yang lebih bagus sobat bisa menggunakan stay depan Barricade, untuk mendapatkan sobat harus mengumpulkan MiniCoins paling tidak 15.000 – 25.000 dan menunggu Event Draw Stay depan barricade.

B. Stay Tengah (M): Sama dengan stay depan usahan stay tengahpun sobat memakai yang bintang 5 dan Full stab. Karena di dalam slot modifikasi stab pada Stay tengah terdapat jenis modifikasi yang bernama J. Angel (max 8%) dan Sys. Pegas(max 9%).
Modifikasi Stay Tengah Tamiya 4WD Mini Legend
Pemilihan jenis modifikasi tergantung pada track yang akan di hadapi, untuk track dengan banyak belokan lebih baik memakai stay tengah dengan modifikasi Sys. Pegas, karena dengan midifikasi jenis Sys. Pegas akan menambah kestabilan mobil.

Sedangkan untuk track dengan banyak loncatan lebih baik memakai stay tengah dengan modifikasi J.Angel, karena dengan modifikasi jenis J. Angel akan mengurangi kesempatan mobil keluar lintasan pada saat ada loncatan pada track.

Oleh karena itu di sarankan untuk memilki atau mengoleksi part dengan jenis modifikasi yang berbeda.
Untuk stay tengah bintang 5 sudah tersedia di PartShop contoh nya Barricade, Tipe X dan BlackBoy.

C. Stay Belakang (R): Nah.. uniknya para pemain Mini Legend yang masuk ke 10 besar saya amati kebanyakan malah memakai stay belakang bintang 1, setelah saya mencari informasi ternyata penggunaan stay belakang bintang 1 bertujuan untuk mengurangi Rem dan berat pada mobil dengan catatan part lainnya seperti Chassis, Ban, Stay (depan & tengah) dan Roller yang mendukung.
Modifikasi Stay belakang Tamiya 4WD Mini Legend
Jika track yang di hadapi sulit dan tidak mendukung untuk memakai stay belakang bintang 1 barulah memakai stay belakang dengan Rem dan berat yang lebih besar dan tentunya ditambah dengan modifikasi J.angel.

Untuk mencari stay belakang bintang 5 juga bnyak tersedia di PartShop. Silahkan sobat cari dan koleksi stay belakang dengan berbagai variasi.

8. ROLLER

Sama halnya dengan stay, kita harus memakai roller depan, tengah dan belakang.
Untuk roller usahkan juga memakai roller bintang 5 dengan slot modifikasi full Stab dan di modifikasi j.Angel (max 8%).
Modifikasi Roller Tamiya 4WD Mini Legend
Untuk pemakaian Roller tergantung pada track yang akan kita hadapi, jika track susah di sarankan menggunakan roller yang lebih berat dan jika traknya gampang dapat menggunakan roller yang ringan.

Roller bintang 5 juga tersedia di Partshop,tapi ada beberapa Roller yang memilki spesifikasi tertentu yang hanya tersedia melalui Draw menggunakan Minicoin contohnya Roller Pink Spinner dan melalui Draw menggunakan 500 Permata contohnya Roller Ultra Steadfast.

Kesimpulan :
Jika sobat menginginkan mobil tamiya 4WD yang kencang dan tetap stabil dan mampu untuk segala track, Koleksilah Part dengan berbagai modifikisi khusus nya Wheels, Tires, Stay dan Roller.

Sedikit info : Pada tanggal 4 Juni 2020, game Mini Legend sudah tersedia versi terbari yaitu V 2.4.0.

Dan pembaharuan ini membawa perubahan yang cukup signifikan pada bagian Downforce atau tekanan bawah, berikut Tips Setting Tamiya Mini Legend Versi Terbaru

Itulah tips memilih modifikasi Part mobil Tamiya 4WD mini legend, bagi sobat yang kurang paham silahkan ajukan di kolom komentar, insyallah saya akan jawab sesuai kemampuan saya.
Terimakasih.

11 komentar untuk "Tips Modifikasi dan Memilih Part Setting Tamiya Mini Legend"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ada trik gk supaya modifikasinya bisa sampe max, atau emang harus berapa kali mod atau apa gitu. Terutama buat dinamo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trik khususnya memang tidak ada mas, semua kembali ke hoki masing2,

      ada yang 1 atau 2 getok sudah max, ada juga yang puluhan kali belum dapat max.
      oleh karena itu, disarankan untuk menyediakan material dan goldcoin yang cukup.
      misalnya sediakan cukup untuk 100 x getok, baru mulai modifikasi.

      pengamalan pribadi modifikasi dinamo sampai max butuh sekitar 70 x getok untuk 3 slot speed max magnet.

      saya sarankan lakukan modifikasi saat hati tenang seperti dini hari atau pagi hari.
      jika ga dihapakan biasanya malah dapet max mas..hehehe..

      semangat build mas,,,,

      satu lagi mas, fokus 1 slot dlu yang di modifikasi, jika sudah dapat max dalam 1 slot, berhenti dlu dan lanjut keesokan hari nya di jam yang kurang lebih sama saat mendapatkan max sebelumnya.

      Hapus
    2. Okelah makasih, soalnya kemarin udah hampir 50x belum max juga, ya setidaknya udah dikasih gambaran kisarannya berapa kali. Makasih ya

      Hapus
  3. Ada yg bilang klo kita ikut draw yg 2700 itu di jam2 tertentu apa bener mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sebagian yang berpendapat seperti itu, mungkin lebih tepatnya agar mendapatkan Mod yang diinginkan ya?

      Kalau menurut saya pribadi itu tergantung hoki masing, dan yang perlu di perhatikan adalah drop rate nya.

      sedikit tips agar draw mendapatkan mod yang diinginkan, kita harus membaca putaran mod nya, tapi kita harus berkorban gold coins. dengan cara :

      Sebelum draw menggunakan diamond, lakukan pembelian bodi senilai 3000 gold coin (1x beli) dan perhatikan mod yang didapatkan.
      Lakukan hingga keluar mod yang diinginkan sebanyak 2x atau 3x berturut, kemudian baru draw dengan diamond.

      INGAT...tips ini tidak 100% berhasil, hanya membantu membanya mod yang akan di dapatkan, jika dirasa ragu, lebih baik jangan Draw.

      Semoga membantu...Salam SLINDER 3 speed

      Hapus
  4. Numpang tanyak...
    Tau info cara dapat kan gear 6:1⭐3 double staf...
    Selain di draw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gear 6:1 bintang 3 double shaft bisa didapatkan melalui farming material di event Ultrasport M dan P90.

      Saran saya, farming di event Ultrasport M, karena dropreat nya lebih tinggi.
      Kalau tidak salah event ultrasport M setiap hari kamis jam 11 siang sampai hari jumat di adakan 2 minggu sekali.

      Hapus
  5. Halo kak untuk farming material di event scavenger biasanya kapan dan jam berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga.

      - Untuk Scavenger 1 hari Senin mulai dari jam 00.00 WIB sampai 24.00 WIB
      - Untuk Scavenger 2 hari Selasa mulai dari jam 00.00 WIB sampai 24.00 WIB
      - Untuk Scavenger 3 hari Rabu mulai dari jam 00.00 WIB sampai 24.00 WIB
      - Untuk Scavenger 4 hari Kamis mulai dari jam 00.00 WIB sampai 24.00 WIB

      Hapus